Aplikasi Asisten Virtual BNI Call Center Diakui Oleh Mensos Ramah Disabilitas

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk menjadi bank yang memberikan layanan prima bagi para penyandang disabilitas (difabel). Salah satu realisasi dari komitmen tersebut ialah partisipasi BNI dalam perayaan Hari Disabilitas Internasional yang diadakan Kementerian Sosial di Bekasi, Jawa Barat, Senin (3/12/2018).

Dalam kegiatan yang dihadiri Presiden Joko Widodo itu, Menteri Sosial Agus Gumiwang mewakili Kementerian Sosial mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada BNI yang telah melakukan langkah-langkah konkrit dalam memberikan pengakuan dan pemenuhan hak-hak para difabel. Dalam hal ini, BNI telah menjalankan kebijakan strategis dan program-program keuangan inklusif yang ramah disabilitas.

“Semoga ke depannya, BNI semakin bersinergi serta selalu hadir dalam rangka pengentaskan kemiskinan, kesejahteraan masyarakat Indonesia, dan terus berperan dalam program keuangan inklusif yang ramah disabilitas,” ujar Agus dalam pernyataan resminya kepada redaksi Warta Ekonomi.

Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati yang akrab disapa Susi menyebutkan, langkah-langkah ramah disabilitas yang telah dilakukan BNI ialah, pertama, penyediaan sarana mesin ATM ramah disabilitas yang dilengkapi headphone dan tombol dengan huruf braile, sehingga dapat digunakan nasabah penyandang tuna netra untuk bertransaksi. Layar dari mesin ATM tidak akan menampilkan apapun demi keamanan transaksi tersebut. Tentunya, akan ada staf BNI yang mendampingi nasabah tersebut hingga selesai bertransaksi.

Kedua, aplikasi mobile BNI virtual assistant dengan fitur voice command yang memberikan informasi mengenai BNI. Ketiga, BNI turut serta mempekerjakan pegawai penyandang disabilitas.

Susi menambahkan, Tabungan BNI Pandai diberikan karena BNI menjunjung tinggi asas kesetaraan dalam melayani nasabah. Hal tersebut juga dibuktikan dengan para penyandang disabilitas yang dapat membuka rekening BNI di Kantor Cabang BNI.

“Semua kemudahan tersebut bertujuan untuk membangun kepedulian terhadap para penyandang disabilitas dan memperkuat peran mereka sebagai salah satu agen perubahan,” ujar Susi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WhatsApp Chat with us on WhatsApp